Nama : Nela Gustria
Nim : 15005023
Perkembangan Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Secara luas, Komputer
dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari
beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang
lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard,
Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan
tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum
dalam bentuk print out (kertas).
Saat ini, komputer
sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih,
sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam
sejarah komputer.
Generasi pertama
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia
Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Generasi kedua
Generasi kedua
Pada tahun
1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Generasi ketiga
Generasi ketiga
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan
panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi
(IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir
kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak
komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Generasi keempat
Generasi keempat
Setelah IC,
tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Generasi kelima
Generasi kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Jepang adalah
negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk
untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah
gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia.
Cara
Sehar Menggunakan Komputer
1. Mengurangi Kecerahan pada
Layar
2. Memasang Pelindung Layar
3. Perhatikan Posisi Duduk
4. Melakukan Pemanasan Ringan
5. Menghindari Penggunaan
Komputer di Ruangan yang Minim Cahaya
6. Minum
vitamin
7. Istirahat
PERANGKAT COMPUTER DAN CARA MEMANFAATKANNYA
perangkat
Keras dan Media Penyimpanan pada Komputer
Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari
sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering
juga disebut dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan
data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer
sangat tergantung pada kinerja CPU-nya.
Memori
Memori
Memori adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses
oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun
data-data. Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang
disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori eksternal yang
disebut dengan ROM (Read Only Memory).
Harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan
dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk dapat menimpan data sampai
400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan
teknologi komputer. Kecepatan putaran harddisk menetukan kecepatan akses ke
setiap data.
Disket
Disket
Disket digunakan untuk menyimpan
data sebagaimana halnya dengan harddisk. Perbedaannya disket hanya mampu
menyimpan data sampai 1,4 MB. Kelebihannya, disket digunakan untuk menyimpan
dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain.
Flash Drive
Flash Drive
Flash drive menggantikan kedudukan disket karena
ukurannya yang lebih kecil dan mempunyai kapasitas yang lebih besar seperti 128
MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB.
CD-R
CD-R
CD-R (Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan
data yang cukup besar hingga 700 MB. Namun kecepatannya masih kalah banding
dengan harddisk.
DVD
DVD
DVD (Digital Versatile Disc)
mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan
CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kealitas penyimpanan yang
sangat baik, oleh karena itu DVD biasanya digunakan untuk menyimpan film.
Motherboard
Motherboard
Motherboard merupakan perangkat
komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti
processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat
memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di
motherboard.
VGA Card
VGA Card
VGA Card adalah peralatan komputer
yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card
memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di
layar monitor.
Keyboard
Keyboard
Keyboard adalah seperangkat
tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing
tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
Mouse
Mouse
Mouse merupakan suatu perangkat yabg
digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah
perintah.
Monitor
Monitor
Monitor merupakan perangkat output
yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat
apa yang sedang dilakukan oleh program-program atau komputer di layar monitor.
Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna
komputer melalui tampilan di layar monitor.
Printer
Printer
Printer adalah perangkat output yang
digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk. Cetakan
tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan
gambar.
Speaker
Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk
menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone.
UPS
UPS adalah perangkat keras yang
menyuplai listrik ke komputer apabila terjadi pemutusan arus listrik. UPS
menyimpan energinya di dalam battery.
CARA MEMANFAATKAN PERANGKAT KOMPUTER
1.
Alokasikan Waktu Untuk Bermain Teknologi
Teknologi
merupakan sarana pendidikan dan hiburan yang diminati anak. Nah, sebaiknya Anda
bisa menyisipkan kegiatan bermain dengan perangkat teknologi dalam keseharian
anak dan mengajarkan anak tentang cara-cara baru untuk berinteraksi misal
dengan chatting atau bermain sosial media sambil bersilahturahmi dengan
sanak saudara.
2. Variasi
Adalah Kunci
Jangan hanya
menambahkan aplikasi permainan di perangkat teknologi yang ada di rumah. Sangat
penting, untuk Anda bisa memberikan variasi yang bisa memperluas wawasan anak.
Anda bisa mengunduh aplikasi seperti pengenalan warna, bentuk dan puzzle untuk
membantu perkembangan dan meningkatkan pengalaman anak. Anda juga bisa
memberikan jadwal kegiatan anak, misal sore hari berolahraga, siang hari
bermain dengan perangkat teknologi dan malam hari membaca buku. Karena anak membutuhkna
variasi dalam aktivitas sehari-harinya.
3.
Rangsangan Kognitif
Agar
kegiatan bermain dengan perangkat teknologi menarik, Anda bisa memanfaatkan
dengan mengunduh cerita dari internet. Membacakan cerita kepada anak dengan
ekspresi dan intonasi yang sesuai dengan tokoh dalam cerita. Dengan begitu,
maka secara tidak langsung Anda sudah meningkatkan kemampuan anak untuk
berpikir kreativitas, memecahkan masalah dan tentu saja belajar mencerna
informasi dengan baik dan benar
4. Lakukan
Sesuai Porsi
Boleh saja
mengenalkan kemajuan teknologi tapi yang perlu ditanamkan kepada anak bahwa
tidak bisa anak terus menerus bermain dengan komputer atau laptop. Anak juga
harus diselipkan dengan kegiatan membaca dan berolahraga.
5. Pahami
Dasar Teknologi
Sangatlah
penting bagi orangtua untuk mengikuti kemajuan teknologi, Karena tidak dapat
dipungkiri bahwa anak-anak terekspos dan berinteraksi secara aktif dengan
teknologi. Jadi sebaiknya kamu juga terlibat saat bermain komputer.
6. Membuat
Aturan dan Batasan
Fungsi pengawasan
orangtua atau parental control sangat penting karena bisa membantu Anda
untuk mengawasi aktivitas, online anak. Fitur parental control ini bisa
membantu mengatur batasan penggunaan komputer termasuk keamanan saat anak
menggunakan internet. Parental control juga membantu untuk membatasi
berapa anak anak memakai komputer serta permainan apa saja yang digunakan
selama bermain dengan perangkat teknologi.
7. Belajar
Bersama
Perangkat
teknologi yang dimiliki di rumah bisa menjadi sarana pendidikan yang baik. Anda
bisa memadukan permainan komputer dengan menambahkan interaksi saat bermain.
Kegiatan bermain dan belajar bersama ini juga bisa membuat pengalaman belajar
yang menyenangkan, sehingga anak tidak bermalas-malasan saat diajak belajar.
8. Mengasah
Kemampuan Motorik Anak
Kegiatan
menekan tombol, menyentuh layar dan menggerakkan mouse atau keypad
ternyata bisa memberikan sensi pada anak. Si kecil bisa mendapatkan pengalaman
baru, seakan-akan melukis dengan jari. Gerakan-gerakan saat anak bermain
komputer atau laptop juga melatih ketajaman kordinasi mata dan tangan.
Tambahkan permainan seperti menangkap bola, mengikat tali sepatu dan menyusun
puzzle dalam perangkat teknologi di rumah.
9. Ajarkan Tentang Sebab dan Akibat
Anak-anak,
terutama balita sangat senang melihat benda yang bergerak, menekan tombol. Nah,
Anda bisa mengajak anak untuk bermain komputer bersama dengan melatih jari anak
untuk menekan tombol dan menggerakan mouse dan menjelajah dunia maya.
Lihat bagaimana ekspresi anak saat melihat gambar yang menarik. Tentunya anak
akan senang dan berseru, “ Wow, terjadi sesuatu!”. Karena anak beranggapan,
sangat ajaib hanya dengan menggerakkan mouse maka keluar gambar.
10.
Menjauhkan Gadget Dari Jangkuan Anak
Setelah
membuat kesepakatan tentang aturan bermain gadget, maka anak bisa dilatih untuk
berdisplin untuk mematuhi kesepakatan. Jika bukan saat bermain dengan laptop
atau gadget, maka anak tidak boleh merenggek untuk bermain dengan perangkat
teknologi tersebut. Kamu juga harus tegas kepada anak, caranya sebaiknya
setelah bermain, simpan perangkat teknologi dari jangkuan anak. Jangan sampai
layar laptop kamu menjadi ajang untuk anak mencorat-coret dengan pensil
warnanya.
Daftar Rujukan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar