Rabu, 01 Maret 2017

perkembangan komputer, cara sehat menggunakan komputer, perangkat dan cara memanfaatkan komputer


Nama : Nela Gustria
Nim : 15005023

Perkembangan Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer. 
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. 

Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. 

Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. 

Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. 

Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.                                               

Cara Sehar Menggunakan Komputer
1.  Mengurangi Kecerahan pada Layar
2. Memasang Pelindung Layar

3. Perhatikan Posisi Duduk

4. Melakukan Pemanasan Ringan

5. Menghindari Penggunaan Komputer di Ruangan yang Minim Cahaya

 6. Minum vitamin
7. Istirahat


PERANGKAT COMPUTER DAN CARA MEMANFAATKANNYA

 perangkat Keras dan Media Penyimpanan pada Komputer 
Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer  sangat tergantung pada kinerja CPU-nya. 
Memori
Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).

Harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk dapat menimpan data sampai 400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran harddisk menetukan kecepatan akses ke setiap data. 

Disket
Disket digunakan untuk menyimpan data sebagaimana halnya dengan harddisk. Perbedaannya disket hanya mampu menyimpan data sampai 1,4 MB. Kelebihannya, disket digunakan untuk menyimpan dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. 

Flash Drive
Flash drive menggantikan kedudukan disket karena ukurannya yang lebih kecil dan mempunyai kapasitas yang lebih besar seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB. 

CD-R
CD-R (Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan data yang cukup besar hingga 700 MB. Namun kecepatannya masih kalah banding dengan harddisk. 

DVD
DVD (Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kealitas penyimpanan yang sangat baik, oleh karena itu  DVD biasanya digunakan untuk menyimpan film. 

Motherboard
Motherboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard. 

VGA Card
VGA Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor. 

 Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu. 

Mouse
Mouse merupakan suatu perangkat yabg digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah perintah. 

Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program-program atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor. 

 Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan gambar. 

Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone.
UPS
UPS adalah perangkat keras yang menyuplai listrik ke komputer apabila terjadi pemutusan arus listrik. UPS menyimpan energinya di dalam battery.


CARA MEMANFAATKAN PERANGKAT KOMPUTER

 1. Alokasikan Waktu Untuk Bermain Teknologi
Teknologi merupakan sarana pendidikan dan hiburan yang diminati anak. Nah, sebaiknya Anda bisa menyisipkan kegiatan bermain dengan perangkat teknologi dalam keseharian anak dan mengajarkan anak tentang cara-cara baru untuk berinteraksi misal dengan chatting atau bermain sosial media sambil bersilahturahmi dengan sanak saudara.

2. Variasi Adalah Kunci
Jangan hanya menambahkan aplikasi permainan di perangkat teknologi yang ada di rumah. Sangat penting, untuk Anda bisa memberikan variasi yang bisa memperluas wawasan anak. Anda bisa mengunduh aplikasi seperti pengenalan warna, bentuk dan puzzle untuk membantu perkembangan dan meningkatkan pengalaman anak. Anda juga bisa memberikan jadwal kegiatan anak, misal sore hari berolahraga, siang hari bermain dengan perangkat teknologi dan malam hari membaca buku. Karena anak membutuhkna variasi dalam aktivitas sehari-harinya.

3. Rangsangan Kognitif
Agar kegiatan bermain dengan perangkat teknologi menarik, Anda bisa memanfaatkan dengan mengunduh cerita dari internet. Membacakan cerita kepada anak dengan ekspresi dan intonasi yang sesuai dengan tokoh dalam cerita. Dengan begitu, maka secara tidak langsung Anda sudah meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir kreativitas, memecahkan masalah  dan tentu saja belajar mencerna informasi dengan baik dan benar

4. Lakukan Sesuai Porsi
Boleh saja mengenalkan kemajuan teknologi tapi yang perlu ditanamkan kepada anak bahwa tidak bisa anak terus menerus bermain dengan komputer atau laptop. Anak juga harus diselipkan dengan kegiatan membaca dan berolahraga.

5. Pahami Dasar Teknologi
Sangatlah penting bagi orangtua untuk mengikuti kemajuan teknologi, Karena tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak terekspos dan berinteraksi secara aktif dengan teknologi. Jadi sebaiknya kamu juga terlibat saat bermain komputer.

6. Membuat Aturan dan Batasan
Fungsi pengawasan orangtua atau parental control sangat penting karena bisa membantu Anda untuk mengawasi aktivitas, online anak. Fitur parental control ini bisa membantu mengatur batasan penggunaan komputer termasuk keamanan saat anak menggunakan internet. Parental control juga membantu untuk membatasi berapa anak anak memakai komputer serta permainan apa saja yang digunakan selama bermain dengan perangkat teknologi.

7. Belajar Bersama
Perangkat teknologi yang dimiliki di rumah bisa menjadi sarana pendidikan yang baik. Anda bisa memadukan permainan komputer dengan menambahkan interaksi saat bermain. Kegiatan bermain dan belajar bersama ini juga bisa membuat pengalaman belajar yang menyenangkan, sehingga anak tidak bermalas-malasan saat diajak belajar.

8. Mengasah Kemampuan Motorik Anak
Kegiatan menekan tombol, menyentuh layar dan menggerakkan mouse atau keypad ternyata bisa memberikan sensi pada anak. Si kecil bisa mendapatkan pengalaman baru, seakan-akan melukis dengan jari. Gerakan-gerakan saat anak bermain komputer atau laptop juga melatih ketajaman kordinasi mata dan tangan. Tambahkan permainan seperti menangkap bola, mengikat tali sepatu dan menyusun puzzle dalam perangkat teknologi di rumah.

9. Ajarkan Tentang Sebab dan Akibat
Anak-anak, terutama balita sangat senang melihat benda yang bergerak, menekan tombol. Nah, Anda bisa mengajak anak untuk bermain komputer bersama dengan melatih jari anak untuk menekan tombol dan menggerakan mouse dan menjelajah dunia maya. Lihat bagaimana ekspresi anak saat melihat gambar yang menarik. Tentunya anak akan senang dan berseru, “ Wow, terjadi sesuatu!”. Karena anak beranggapan, sangat ajaib hanya dengan menggerakkan mouse maka keluar gambar.

10. Menjauhkan Gadget Dari Jangkuan Anak
Setelah membuat kesepakatan tentang aturan bermain gadget, maka anak bisa dilatih untuk berdisplin untuk mematuhi kesepakatan. Jika bukan saat bermain dengan laptop atau gadget, maka anak tidak boleh merenggek untuk bermain dengan perangkat teknologi tersebut. Kamu juga harus tegas kepada anak, caranya sebaiknya setelah bermain, simpan perangkat teknologi dari jangkuan anak. Jangan sampai layar laptop kamu menjadi ajang untuk anak mencorat-coret dengan pensil warnanya.

 Daftar Rujukan :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar