HAKIKAT TEKNOLOGI INFORMASI,
KOMUNIKASI, DAN MANFAAT TIK BAGI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
1 Hakikat Teknologi Informasi
Informasi
merupakan hasil dari pengolahan data, data dikemas dan diolah sedemikian rupa
hingga menjadi sebuah informasi. Data pendukung informasi dapat berupa angka,
karakter, simbol, gambar, tulisan, suara, bunyi dan presentasi keadaan yang
sebenarnya. Syarat data yang digunakan dalam sebuah informasi adalah akurat dan
dapat dibuktikan.
Teknologi
menurut kamus besar bahasa indonesia keseluruhan sarana untuk menyediakan
barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Teknologi bersifat praktis dan mempermudah. Jadi dapat disimpulkan teknologi
informasi adalah sarana (perangkat keras) yang digunakan untuk mengolah data,
memproses data tersebut untuk menjadi sebuah informasi yang baik.
Beberapa
pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli :
a Martin (1999), teknologi informasi tidak
hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak)
yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
b Williams dan Sawyer (2003), teknologi
informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur
komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
c Wawan Wardiana (2000) mengemukakan bahwa
teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data,
termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, memanipulasi data berbagai cara
untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknologi informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri
dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung, memproses dan
menyimpan informasi dan untuk mengelola, memproses, menyusun, dan memanipulasi
berbagai data, informasi agar menjadi sebuah data atau informasi yang lebih
bervariasi dan berkualitas.
2 Hakikat
komunikasi
Komunikasi seperti dalam kamus
bahasa Indonesia diartikan sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita
antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, jika
arti komunikasi dikaitkan dengan teknologi maka penekanan kata teknologi
komunikasi lebih tertuju kepada kata “media”. Sehingga teknologi komunikasi
didefinisikan sebagai alat (media) yang digunakan untuk melakukan penyampaian
informasi kepada orang lain dengan efektif dan efisien.
Dari definisi teknologi informasi
dan teknologi komunikasi pada bagian atas, kita dapat menyatakan bahwa kedua
definisi tersebut memiliki keterkaitan antara keduanya. Dengan teknologi
informasi lebih menekankan pada proses pengolahan data (informasi), yang dapat
berupa masukan data (melalui perangkat keras), menyimpan (dalam CPU) dan
menampilan data (print out) dengan menggunakan perangkat elektronik seperti
komputer. Sedangkan teknologi komunikasi lebih menekankan pada penggunaan media
(seperti komputer) dalam menyampaikan informasi, tentunya dengan mengkomunikasi
informasi tersebut secara efektif dan efisien.
3
Manfaat
Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pendidikan Luar Sekolah
Manfaat Tik Bagi Pendidikan Luar Sekolah
a Sebagai Tinjauan Pendidikan
Luar Sekolah ( PLS )
Pendidikan
Luar Sekolah ( PLS ) merupakan jenis pendidikan yang tidak selalu terkait
dengan jenjang dan struktur persekolahan, namun dapat berkesinambungan.
Pendidikan Luar Sekolah menyediakan program pendidikan yang memungkinkan
terjadinya perkembangan peserta didik dalam bidang sosial, keagamaan, budaya,
keterampilan dan keahlian.Melalui Pendidikan Luar Sekolah ( PLS) setiap warga
negara dapat memperluas wawasan pemikiran dan peningkatan kualitas pribadi
dengan menerapkan landasan belajar seumur hidup.
Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menggunakan pembelajaran
bermakna, artinya lebih berorientasi dengan pasar, dan hasil pembelajaran dapat
dirasakan langsung manfaatnya, baik oleh masyarakat maupun peserta didik itu
sendiri.
b TIK
sebagai infrastruktur pembelajaran
Penggunaan TIK sebagai salah satu komponen
pembelajaran akan meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Pembelajaran
jadi bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja, serta tidak terkendala lagi
oleh keadaan di mana peserta didik, pengajar dan bahan ajar terpisah secara
geografis.
c TIK
sebagai sumber bahan belajar
Pemanfaatan TIK sebagai suatu sumber bahan belajar
akan menjamin tersedianya materi-materi pembelajaran yang selalu terperbaharui
dan selalu tersedia untuk diakses setiap saat. Selain itu materi-materi
pembelajaran pun akan lebih mudah untuk diperbaharui menyesuaikan dengan
cepatnya perkembangan ilmu pengetahuanyang terjadi.
Contoh
: warga belajar yang sedang belajar tentang life skill otomotif misalnya dapat mencari bahan pembelajaran
atau materi pembelajaran lewat internet dll
d TIK
sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
Melalui pemanfaatan TIK sebagai alat bantu dan
fasilitas pembelajaran, suatu materi pembelajaran akan tersampaikan dengan
lebih baik dengan mempertimbangkan konteks dunia nyatanya. Ilustrasi berbagai
fenomena ilmu pengetahuan akan tersampaikan dengan lebih riil sehingga
penyerapan bahan ajar pun terjadi denganlebih cepat. Melalui pemanfaatan TIK
juga interaksi antar peserta didik akan lebih tinggi sehingga akuisisi ilmu
pengetahuan di antara mereka akan berlangsung dengan lebih baik, baik secara
kualitas maupun kuantitas. Selain itu, peserta didik akan menjadi mampu
melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih bebas dan mandiri.
Contohnya
: penggunaan infokus dalam media pembelajaran
e TIK
sebagai pendukung manajemen pembelajaran
Pemanfaatan TIK dalam
mendukung manajemen pembelajaran dapat dipergunakan untuk membantu mengelola
dan mengolah data-data pendidikan dan pembelajaran sehingga menghasilkan suatu
lembaga pendidikan yang berkualitas yang mampu menyediakan data pendidikan yang
akurat, mudah dipergunakan, serta dapat diperoleh dengan tepat waktu.
Contoh : memanfaatkan komputer
dalam memanajemen arsip-arsip pengelolaan PLS
f. TIK
sebagai sistem pendukung keputusan.
Ketersediaan
data-data pendidikan yang akurat dapat digunakan oleh para pembuat
keputusan dan pemegang kewenangan untuk membuat keputusan yang
tepat bagi sistem pendidikan yang berlangsung. Sistem kerja TIK yang membuat suatudata bisa selalu diperbaharui dan tersedia setiap saat akan memberikan jaminan terhadap
ketersediaan data-data yang valid dan reliabel guna terciptanya keputusan
dankebijakan yang menguntungkan suatu pihak.
Satu hal yang jelas
dari kegiatan pemanfaatan TIK dalam pendidikan, bahwa TIK kini memegang peranan
yang penting dalam penyelenggaraan suatu sistem pendidikan guna menjamin
terciptanya pendidikan yang berkualitas, perkembangan ilmu pengetahuan dan
kemajuan umat manusia. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
harus selalu dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya agar dapat selalu
memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang senantiasa berkembang di dunia pendidikan dan
pembelajaran.
Satu hal yang jelas
dari kegiatan pemanfaatan TIK dalam pendidikan, bahwa TIK kini memegang peranan
yang penting dalam penyelenggaraan suatu sistem pendidikan guna menjamin
terciptanya pendidikan yang berkualitas, perkembangan ilmu pengetahuan dan
kemajuan umat manusia. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
harus selalu dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya agar dapat selalu
memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang senantiasa berkembang di dunia pendidikan dan
pembelajaran.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar